Baners

Minggu, 18 April 2010

Supply and Demand

Faktor yang mempengaruhi “Permintaan” :
1. Pembeli (Konsumen ) lebih memilih murah dan berkualitas buruk, pembeli biasanya bukannya memperhatikan kualitas melainkan harga dari barang yang dibelinya, murah atau tidaknya.
2. Pembeli ( Konsumen ) memilih murah dan berkualitas buruk, karena kondisi materi ( Uang ) yang tidak memungkinkan untuk membeli barang yang proses pengisiannya jauh lebih cepat akan tetapi harganya sangat mahal.
3. Pembeli ( Konsumen ) memiliki banyak waktu luang atau tidak didesak oleh keterbatasan waktu sehingga memungkinkan lebih memilih murah dan berkualitas buruk.

Faktor yang mempengaruhi “Penawaran” :
1. Sama hal nya dengan permintaan , untuk penawaran harga & selera atau kebutuhan yang menentukan pembeli (K onsumen ) seperti diatas penjual memberikan harga dengan ketentuan ada beberapa faktor penghambat yaitu :
a. Proses ( waktu )
b. Situasi
c. Kondisi keuangan
2. Dalam hal ini , Pembeli ( Konsumen ) dituntut dalam menentukan berbagai kondisi atau faktor – faktor yang mempengaruhinya.
3. Pembeli ( Konsumen ) yang memiliki peluang membeli barang mahal dan berkualitas baik :
a. Pembeli ( Konsumen ) memiliki keadaan uang yang berlebih sehingga memungkinkan bagi si pembeli ( Konsumen ) untuk memilih mahal dan berkualitas baik.
b. Pembeli ( Konsumen ) dihadapi oleh keterbatasan waktu atau situasi sehingga tidak memungkinkan untuk menunggu lama dan lebih memilih mahal dan berkualitas baik.

Penentuan Harga :
1. Penjual memberikan berbagai penawaran kepada pembeli ( Konsumen ) , seperti contoh nya diatas (penjual pulsa) :
a. Penjual [ 1 ] , memberikan penawaran Harga murah tetapi proses pengisiannya lama.
b. Penjual [ 2 ] . memberikan penawaran Harga mahal tetapi proses pengisiannya cepat.
2. Penjual menetapkan Harga kepada pembeli ( Konsumen ) , sesuai dengan faktor-faktor berikut :
a. Kebutuhan ( selera )
Suatu barang yang dicari oleh pembeli ( Konsumen ) sesuai dengan selera atau keinginannya.
b. Keseimbangan antara pendapatan pembeli ( Konsumen )
Harga yang ditetapkan sesuai atau seimbang dengan keadaan keuangan si pembeli ( Konsumen ).
c. Jumlah permintaan
Banyaknya jumlah permintaan adalah suatu faktor pendukung penentuan harga karena semakin banyak pembeli ( Konsumen ) semakin besar keuntungan bagi penjual.
d. Keunggulan
Suatu keunggulan yang dapat dimanfaatkan bagi si pembeli ( Konsumen ), seperti setiap pembelian pulsa Rp. 10.000,- mendapatkan gratis pulsa 50% atau seharga Rp. 5000,- langsung dari operator telepon seluler tersebut.
e. Standar harga
Harga yang ditetapkan sesuai dengan standar harga yang dikeluarkan oleh suplier ( Agen ) dan tidak meraup keuntungan yang besar sehingga tidak memberatkan bagi si pembeli ( Konsumen ).
f. Keuntungan
Pembeli ( Konsumen ) yang membeli pulsa tersebut mendapatkan keuntungan lebih seperti harga pulsa Rp. 100.000,- menjadi Rp. 98.000,- jauh lebih murah dibanding dengan harga pulsa Rp. 10.000,- menjadi Rp. 12.000,-.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar